Mengambil Hikmah Dari Nabi Ibrahim

“Tumbuhnya empati dan solidaritas saat pandemi ini merupakan suatu pembelajaran yang harus kita kembangkan tidak hanya saat krisis, tapi juga saat krisis berlalu,” kata Nadiem. Unggahan Mari Baca menjadi ruang mengulas beberapa buku dalam bentuk micro blog. Pada unggahan tersebut para pembaca akan diberi ulasan sederhana sebuah buku bacaan, dilanjutkan dengan hikmah yang ada di dalam buku tersebut. Ia juga mengajak masyarakat selalu mematuhi imbauan pemerintah dan ulama. Namun, ia mengajak masyarakat untuk selalu melihat hikmah di balik itu semua. Oleh karena, ia berharap, dengan semakin kompaknya pimpinan di setiap daerah dan masyarakat maka akan banyak hal baik yang dapat diperoleh pada masa yang akan datang.

Sebuah hal yang bisa kita ambil hikmahnya

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia Din Syamsuddin meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk mengambil hikmah dari Pilkada DKI Jakarta. Karena itu, manusia tidak boleh sombong dan takabbur dengan kekuasaan yang digenggamnya, dengan ilmu pengetahuan yang dikuasainya, dan dengan harta yang dimilikinya. “Teknologi yang bebas nilai ibarat pisau dapur dibuat tergantung digunakan untuk apa, nilainya ditentukan dari penggunanya, manusianya. Jadi, dulu kita katakan bahwa teknologi itu bebas nilai, nilainya tidak pada teknologinya tetapi pada orang yang memanfaatkan teknologi itu. Apabila kita berpikir atau merenungkan lebih jauh ketika kita memikirkan bahwa teknologi yang refined, yang sangat canggih, ini sudah agak sulit kita memisahkan apakah teknologi ini punya mengandung nilai atau tidak,” jelasnya.

Nilai ini menunjuk kepada pembatasan kekuasaan negara dengan partisipasi rakyat dalam pengambilan keputusan. Nilai-nilai demokratik mengandung tiga prinsip, yaitu pembatasan kekuasaan negara atas nama hak asasi manusia, keterwakilan politik dan kewarganegaraan. Bagi bangsa Indonesia yang majemuk, semangat persatuan yang bersumber pada Pancasila menentang praktik-praktik yang mengarah pada dominasi dan diskriminasi sosial, baik karena alasan perbedaan suku, asal-usul maupun agama.

Sai sendiri merupakan gerakan jalan dan lari antara bukit Shafa dan Marwa, yang dilakukan bolak tujuh kali tempuh menggambarkan tentang sebuah kehidupan dunia yang diwarnai dengan ikhtiar mencari nafkah dan aktivitas bisnis untuk kehidupan. Di dalam Tarbiyah kita akan belajar bagaimana mendidik generasi yang akan merubah masa depan dunia. Hari-hari yang dilalui bersama akan menjadi kenangan yang dapat mengukir sejarah hidup. Memilih jalan untuk melanjutkan menuntut ilmu ketika selesai sekolah wajib 12 tahun merupakan hal yang menakjubkan, berusaha merajut mimpi meraih kemenangan yang hakiki. Sarjana Pendidikan merupakan buih dari hasil pengabdian terhadap pendidikan islam.

Tercatat hingga Senin (13/4), 4241 orang positif Covid-19 dengan korban meninggal dunia 373 orang dan sembuh 359 orang. Hal tersebut membuat pemerintah Indonesia semakin ketat dalam menegakkan peraturan bodily distancing. Di samping itu, melalui krisis Covid-19, Mendikbud juga menyampaikan agar masyarakat dapat memetik hikmah tentang betapa pentingnya kesehatan dan kebersihan serta pentingnya norma-norma kemanusiaan di dalam masyarakat. “Timbulnya empati, timbulnya solidaritas di tengah masyarakat kita pada saat pandemi Covid-19 ini merupakan suatu pembelajaran yang harus kita kembangkan.

Masya Allah, tentunya ini merupakan rahmat tersendiri bagi kita umat Islam. Semenjak adanya wabah ini, semua negara melakukan Lockdowm di daerah masing-masing tak terkecuali Indonesia. Namun, Indonesia tidak memakai kata Lockdown untuk menghimbau masyarakatnya agar tidak bepergian keluar atau masuk suatu wilayah. Pemerintah menggunakan sistem “Karantina Wilayah” yang dilakukan oleh beberapa daerah yang ada di Indonesia. Pemerintah menghimbau kepada masyarakat untuk menerapkan social distancing atau jaga jarak sosial.

Pada bulan haji, umat Islam se dunia mengadakan pertemuan tahunan secara besar-besaran, yang pesertanya berdatangan dari seluruh penjuru dunia, yang terdiri atas berbagai bangsa. Pertemuan seperti inilah yang perlu dimanfaatkan oleh umat Islam dalam rangka pembinaan dan pembangunan masyarakat Islam baik nasional maupun internasional. Bulan-bulan yang dimaklumi, yakni bulan yang sudah diketahui oleh masyarakat Arab sejak sebelum diutusnya Nabi Muhammad saw.

Sektor lain baik ekonomi, sosial, transportasi, moneter, hankam, fiskal dan lain lain terkena dampaknya. Tentunya, pertumbuhan di segala lini sektor di negara ini tengah mati suri dan meredup tak berdaya akibat virus tersebut. Senada dengan Menteri Tjahjo, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan, pandemi tidak semata-mata harus disikapi dengan mindset negatif. Dampak buruk akibat pandemi tentu ada, namun tentu ada hikmah positif di balik pandemi Covid-19. Ini dibuktikan oleh kepala daerah yang dengan tidak mudah mengatasi masalah kesehatan ditengah pandemi, dimana pada saat yang bersamaan bisa mempertahankan kehidupan ekonomi daerah agar tidak terpuruk atau bahkan bisa tumbuh lebih baik.